Biografi Ilmuan Fisika

Penemu Mesin Uap

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang.
Di bumi yang mayoritas bagiannya adalah lautan, perahu dan kapal layar menjadi alat transportasi tertua yang digunakan sejak 5000 tahun yang lalu. Adalah penduduk Mesir Kuno yang menemukan cara kerja kapal layar. Dengan meletakkan layar pada perahu, maka angin akan meniup layar tersebut dan mendorong perahu hingga bisa berjalan lebih laju dan kuat. Di tahun-tahun berikutnya, temuan sederhana itu menjadi ide cemerlang bagi pembuatan kapal layar yang ukurannya jauh lebih besar. Kapal layar besar itu antara lain digunakan untuk membawa kargo atau barang-barang, membawa penumpang, hingga berperang atau mencari harta karun.
Setelah pembuatan kapal layar makin berkembang dan kebutuhan berlayar yang lebih cepat mulai dirasakan, kapal uap kemudian menjadi primadona transportasi baru. Tahun 1807, akhirnya Clermont, yakni kapal uap pertama yang berhasil diciptakan mulai melakukan perjalanan lautnya. Rute awalnya adalah Sungai Hudson, Amerika ke Albania. Setelah itu pada tahun 1812, kapal uap lainnya juga mulai dioperasikan, yakni dari New Orleans, Amerika Serikat untuk mengarungi sungai Misisipi.
Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut. Cara kerja mesin uap pada kapal tersebut adalah dengan mengandalkan mesin uap menggerakkan roda kayuh yang ada di buritan. Awalnya dulu, kapal mesin uap digunakan di sepanjang rute sungai untuk mengangat barang-barang perdagangan, lalu mulai dipakai untuk mengangkut penumpang juga. Sedangkan kapal uap yang ukurannya lebih besar lagi dan digunakan khusus untuk mengangkut penumpang, disebut kapal samudra. Umumnya kapal tersebut memang digunakan untuk mengarungi samudra dan dengan konsep yang lebih mewah. Hingga saat ini, sejumlah kapal uap masih digunakan di beberapa negara untuk kepentingan wisata. Sejak dulu, kapal laut menjadi sarana penting bagi manusia untuk melakukan perjalanan antarpulau bahkan benua. Kini karena kecanggihan teknologi, kapal uap pun diciptakan setelah ditemukannya mesin uap.
Kapal uap mulai digunakan setelah ditemukannya mesin uap di Inggris oleh James Watt yang memunculkan revolusi industri yang juga merupakan revolusi bahan bakar sebab pada masa itu mulai digunakan batu bara dengan skala yang lebih luas menggantikan kayu bakar. Pada pelayaran, ditemukan oleh John Fitch pada tahun 1787 dengan melayari Sungai Delaware, Amerika Serikat, kemudian Robert Fulton pada 1802. James Watt (Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736 – Birmingham, Inggris, 19 Agustus 1819) ialah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya. Ia berhasil menciptakan mesin uap pertama yang efisien. Ternyata mesin uap ini merupakan salah satu kekuatan yang mendorong terjadinya Revolusi Industri, khususnya di Britania dan Eropa pada umumnya. Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya yaitu Watt digunakan sebagai nama satuan daya, misalnya daya mesin dan daya listrik.
Kapal uap masih awalnya masih menggunakan tiang-tiang tinggi dan dilengkapi dengan layar cadangan untuk mengantisipasi bila bahan bakar pada tungku uap habis. Model seperti itu dapat ditemukan pada kapal perang masa Pre Dreadnought sebelum tahun 1906. Sebagai contoh kapal perang type Asahi (Jepang) atau Borodino (Rusia) yang terlibat perang laut di tsushima tahun 1902.
Kapal uap pertama dibangun pada tanggal 15 Mei tahun 1776, kapal uap pertama dibangun oleh seorang bangsawan Perancis, Marquis de Jouffroy d’Abbans. Sebenarnya, ada banyak perselisihan pendapat mengenai siapa sesungguhnya yang membuat kapal uap pertama karena Inggris, Perancis, dan Amerika sama-sama mengklaim bahwa mekanik dari negara merekalah yang pertama kali membuat kapal uap. Namun, sebagain besarnya sepakat bahwa usaha serius pertama dalam pembuatan kapal uap dilakukan oleh Marquis de Jouffroy. Awalnya Marquis de Jouffroy belajar di bidang filsafat dan sastra, namun kemudian bergabung dalam militer Perancis dan di sanalah ia banyak membelajari navigasi uap. Pada tahun1775 dia pergi ke Paris untuk mempelajari mesin uap yang diciptakan James Watt dan akhirnya membuat kapal eksperimen dengan menggunakan mesin uap yang berhasil berlayar di sungai Doubs di Perancis pada tahun 1776.

B.SEJARAH PENEMUAN MESIN UAP

James Watt (19 January 1736 – 25 Agustus 1819) adalah penemu yang mengembangkan mesin uap yang menjadi dasar dari Revolusi Industri. James Watt lahir pada tanggal 19 Januari, 1736 di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde, Skotlandia. Ayahnya adalah pemilik kapal dan kontraktor, sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan.Watt bersekolah secara tak teratur tetapi dan lebih banyak mendapat pendidikan di rumah oleh ibunya. Dia menunjukkan ketangkasan yang luar biasa dan bakat untuk ilmu pasti seperti matematika, walaupun bahasa Latin dan Yunani tidak menggerakkan hatinya, dia menyukai legenda dan cerita rakyat Skotlandia.
Ketika dia berumur 18 tahun, ibunya meninggal dan kesehatan ayahnya perlahan-lahan mulai merosot, Watt melakukan perjalanan ke London untuk melanjutkan study tentang pembuatan instrument dan peralatan selama satu tahun, kemudian kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan instrumennya. Tetapi karena dia tidak menyelesaikan tujuh tahun study nya sebagai apprentice (murid yang bekerja sambil belajar), permohonan untuk membuka bisnis tersebut terhambat, walaupun pada saat itu belum ada pembuat instrumen dan peralatan matematika di Skotlandia.
Dengan dibantu oleh tiga orang professor yang ada di Universitas Glasgow, James Watt akhirnya diberi kesempatan untuk membuka workshop (bengkel) kecil di universitas.
Empat tahun setelah membuka tokonya, James Watt mulai melakukan percobaan dengan uap setelah temannya, Professor John Robison, membuat dia tertarik pada mesin tersebut. Pada saat itu, Watt sama sekali tidak pernah mengoperasikan mesin uap, tetapi dia tetap berusaha untuk membuat satu model mesin. Walaupun gagal, dia tetap melanjutkan percobaannya dan mulai membaca apa saja yang bisa dibacanya. Dia kemudian secara terpisah menemukan pentingnya energi panas yang ditimbulkan dan diserap oleh tiap-tiap obyek untuk mengerti lebih jauh tentang mesin. pada tahun 1765 dia berhasil membuat sebuah model mesin yang dapat bekerja dengan baik.
Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya atas pengembangan mesin uap yang memicu revolusi industri, nama Watt diabadikan dan dijadikan sebagai satuan energi dengan symbol W oleh kenal sekarang. International System of Units (atau ‘SI’) seperti yang kita ketahui saat ini.
Pertama yang membikin mesin uap. Rancangan serupa disusun pula oleh Hero dari Sebenarnya, Watt bukanlah orang Iskandariah pada awal tahun Masehi. Di tahun 1686 Thomas Savery membikin paten sebuah mesin uap yang digunakan untuk memompa air, dan di tahun 1712, seorang Inggris Thomas Newcomen, membikin pula paten barang serupa dengan versi yang lebih sempurna, namun mesin ciptaan Newcomen masih bermutu rendah dan kurang efisien, hanya bisa digunakan untuk pompa air dari tambang batubara.
Watt menjadi tertarik dengan ihwal mesin uap di tahun 1764 tatkala dia sedang membetulkan mesin ciptaan Newcomen. Meskipun Watt cuma peroleh pendidikan setahun sebagai tukang pembuat perkakas, tetapi dia punya bakat pencipta yang besar. Penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukannya terhadap mesin bikinan Newcomen begitu penting, sehingga layaklah menganggap sesungguhnya Wattlah pencipta pertama mesin uap yang praktis.
Keberhasilan Watt pertama yang dipatenkannya di tahun 1769 adalah penambahan ruang terpisah yang diperkokoh. Dia juga membikin isolasi pemisah untuk mencegah menghilangnya panas pada silinder uap, dan di tahun 1782 dia menemukan mesin ganda. Dengan beberapa perbaikan kecil, pembaruan ini menghasilan peningkatan efisiensi mesin uap dengan empat kali lipat atau lebih. Dalam praktek, peningkatan efisiensi ini memang merupakan hasil dari suatu kecerdasan namun tidaklah begitu merupakan peralatan yang bermanfaat dan bukan pula punya kegunaan luar biasa ditilik dari sudut industri.
Watt juga menemukan (di tahun 1781) seperangkat gerigi untuk mengubah gerak balik mesin sehingga menjadi gerak berputar. Alat ini meningkatkan secara besar-besaran penggunaan mesin uap. Watt juga berhasil menciptakan pengontrol gaya gerak melingkar otomatis (tahun 1788), yang menyebabkan kecepatan mesin dapat secara otomatis diawasi. Juga menciptakan alat pengukur bertekanan (tahun 1790), alat penghitung kecepatan, alat petunjuk dan alat pengontrol uap sebagai tambahan perbaikan lain-lain peralatan.
Watt sendiri tidak punya bakat bisnis. Tetapi, di tahun 1775 dia melakukan persekutuan dengan Matthew Boulton, seorang insinyur, dan seorang pengusaha yang cekatan. Selama dua puluh lima tahun sesudah itu, perusahaan Watt dan Boulton memproduksi sejumlah besar mesin uap dan keduanya menjadi kaya raya.Mesin uap bekerja ganda penemuan Watt tahun 1769.
Memang sulit melebih-lebihkan arti penting mesin uap. Sebab, memang banyak penemuan-penemuan lain yang memegang peranan penting mendorong berkembangnya Revolusi Industri. Misalnya, perkembangan dunia tambang, metalurgi, dan macam-macam peralatan mesin. Sekoci yang meluncur bolak-balik dalam mesin tenun (penemuan John Kay tahun 1733), atau alat pintal (penemuan James Hargreaves tahun 1764) semuanya terjadi mendahului kreasi Watt. Sebagian terbesar dari penemuan-penemuan itu hanyalah merupakan penyempurnaan yang kurang berarti dan tak satu pun punya arti vital dalam kaitan dengan bermulanya Revolusi Industri. Lain halnya dengan penemuan mesin uap yang memainkan peranan penting dalam Revolusi Industri, yang tampaknya keadaan akan mengalami bentuk lain. Sebelumnya, meskipun tenaga uap digunakan untuk kincir angin dan putaran air, sumber pokok tenaga mesin terletak pada tenaga manusia. Faktor ini amat membatasi kapasitas produksi industri. Berkat penemuan mesin uap, keterbatasan ini tersingkirkan. Sejumlah besar energi kini dapat disalurkan untuk hal-hal yang produktif yang menanjak dengan teramat derasnya. Embargo minyak tahun 1973 membuat kita sadar betapa sengsaranya jika bahan energi berkurang dan mampu melumpuhkan industri. Pengalaman ini, pada tingkat tertentu, mendorong kita membayangkan arti penting Revolusi Industri berkat penemuan James Watt.
Di samping manfaat tenaga untuk pabrik, mesin uap juga punya guna besar di bidang-bidang lain. Di tahun 1783, Marquis de Jouffroy di Abbans berhasil menggunakan mesin uap untuk penggerak kapal. Di tahun 1804, Richard Trevithick menciptakan lokomotif uap pertama. Tak satu pun dari model-model pemula itu berhasil secara komersial. Dalam tempo beberapa puluh tahun, barulah baik kapal maupun kereta api menghasilkan revolusi baik di bidang pengangkutan darat maupun laut.
Revolusi Industri berlangsung hampir berbarengan dengan Revolusi Amerika maupun Perancis. Meskipun waktu itu tampaknya sepele, kini tampak jelas betapa Revolusi Industri itu seakan digariskan mempunyai makna jauh lebih penting untuk peri kehidupan manusia ketimbang arti penting revolusi politik. James Watt, oleh sebab itu tergolong salah seorang yang punya pengaruh penting dalam sejarah.

C. SEJARAH LENGKAP MESIN UAP
Ide menggunakan kekuatan uap untuk keuntungan kami akan kembali hampir 21 abad. Belajar Seorang penulis kuno di Alexandria, bernama Hero, menulis berbagai naskah yang menjelaskan perangkat dan ide dari waktu Walaupun tidak terbukti bahwa Hero adalah penemu dari salah satu perangkat, ia diberikan kredit untuk menyebutkan awal listrik tenaga uap. Hero membahas metode untuk membuka pintu kuil dengan aksi api di altar di depan candi. Foto di bawah pada kiri menunjukkan rencana Hero.Serangkaian pipa berjalan antara mengubah dan candi pintu Kekuatan uap diciptakan oleh api di altar cukup kuat untuk membuka pintu kuil. Prinsip penting yang Hero digunakan adalah mengubah energi panas menjadi energi mekanik atau bekerja. Seharusnya, Hero melanjutkan pekerjaannya dan akhirnya menciptakan apa yang sering disebut “Pertama Uap Mesin kanan. Hero’s” mesin adalah fitur di bawah. Hasil kuali atau mangkuk seperti bagian AB memegang air. Ada uap ketat penutup tempat di atas kuali.Dua pipa memperpanjang dari tutup dan menangguhkan dunia langsung di atas panci air dipanaskan, menyebabkan uap akan dibuat dan dipaksa melalui pipa. dunia kemudian mengisi dengan uap. Pipa K dan H terletak di sisi berlawanan dari dunia dan memungkinkan uap untuk melarikan diri ketika tekanan menjadi tidak rata.Uap keluar kemudian menyebabkan dunia berputar pada porosnya.

Kekuatan uap selalu ada di lingkungan kita.. Telah ditampilkan terus-menerus alam melalui kejadian-kejadian di sekitar kita Tetapi, manusia tidak membuat kekuatan uap berguna sampai awal era Kristen. Bahkan setelah perkembangan’s mesin Hero, butuh ratusan tahun sampai orang pun menemukan penggunaan praktis untuk kekuatan yang luar biasa. Manusia tidak melihat kebutuhan untuk memanfaatkan kekuatan uap karena tenaga kerja dan kerja keras dari para budak dan binatang yang cukup untuk segala sesuatu yang perlu dilakukan.
Percobaan dengan uap mulai muncul kembali lagi menjelang akhir abad keenam belas. Seorang pria bernama Matthesius berkhotbah tentang apa yang diyakini mesin uap nya.luar biasa hasil yang dapat mengikuti tindakan vulkanik dari jumlah kecil uap terbatas “(Thurston, 10). Hal ini diyakini bahwa usaha pertama untuk benar-benar memanfaatkan uap praktis terjadi pada tahun 1543 di atas kapal laut de. Blasco Garay, seorang perwira angkatan laut Spanyol, mencoba untuk bergerak mendayung roda dari kapal dengan apa yang mungkin bisa dianggap sebagai mesin uap. ini. Akun tetapi tidak baik dikreditkan karena tidak ada yang benar-benar diketahui tentang membuat-up yang disebut uap sehingga mesin kecuali yang mengandung “sebuah kapal air mendidih”
Pada 1601, Giovanni Battista della Porta menggambarkan sebuah mesin yang dapat digunakan untuk menaikkan kolom air dengan menggunakan uap.. Dia ini dijelaskan mesin dalam sebuah karya berjudul “Spiritali” pekerjaan Porta termasuk vakum diciptakan oleh kondensasi uap ke mana air akan mengalir, Porta’s. aparatur gambar di bawah ini, disebut “Pneumatica tekanan. Porta itu” mesin itu digambarkan mampu menaikkan air uap dengan. Meskipun’s mesin Porta tidak pernah diterapkan pada setiap menggunakan praktis, ia secara akurat menggambarkan kehadiran yang diperlukan kekosongan yang diciptakan oleh uap untuk menaikkan air.

Marquis disebut-sebut sebagai penggagas mesin yang digunakan untuk menaikkan air dengan kekuatan api Namun, Marquis pernah benar-benar dibangun seperti mesin kaki. Satu-satunya mesin yang ia pernah dibangun mampu mengangkat air hingga ketinggian empat puluh, tapi ini dilakukan oleh sebuah pompa manual tahun 1663. Marquis itu semua pembicaraan dan tindakan tidak. Dia mencoba untuk meyakinkan semua orang di sekitarnya melalui tulisannya bahwa dia mampu menaikkan air dengan api klaim. Tapi, tak seorang pun pernah melihat dia benar-benar-nya mencapai. Dia mungkin sudah punya rencana cukup meyakinkan tentang cara untuk membuat pekerjaan klaimnya, tapi gagal Marquis setiap kali.
Orang lain yang dapat dikreditkan dengan bekerja pada mesin uap adalah Yakub Besson seorang profesor Matematika ANC Filsafat Alam di Orleans, Agostino Ramelli seorang penulis Italia, Leonardo da Vinci seorang matematikawan, insinyur, penyair dan pelukis, Florence Rivault, Salomon de Caus, Giovanni Branca, David Raseye, Thomas Grant, dan Edward Ford. Semua orang memberikan kontribusi ide mesin uap sebelum Newcomen dan Watt yang pernah dilahirkan. Di bawah ini adalah tiga contoh desain bahwa beberapa dari orang-orang ini datang dengan .
homas Savery menjadi orang pertama untuk menghasilkan alat yang bisa diterapkanuntuk meningkatkan air Savery’s. Aparatur mampu menimba air oleh hisap sampai ketinggian sekitar 26-28 meter. Air bisa mencapai ketinggian karena atmosfir tekanan dan kondensasi uap dalam bejana tertutup. Savery adalah yang pertama untuk membuat sambungan yang diperlukan antara tenaga uap dan tekanan atmosfer. Tanpa menambahkan dalam tekanan atmosfer, tenaga uap mungkin tidak pernah dimanfaatkan. Savery menjadi yang pertama untuk menempatkan metode mengangkat air dengan api digunakan untuk pengeringan tambang. Pada 1698, Savery desainnya dipatenkan.
Hal ini diyakini bahwa Thomas Newcomen secara bersamaan muncul dengan gagasan mesin api tapi. Newcomen dilahirkan baik keluarga menerima sedikit sekolah yang sangat. Newcomen adalah manusia pertama untuk bekerja pada mesin uap yang pedagang praktis. Dia tidak buang waktu dengan filsuf atau anak didik kerajaan.. Newcomen adalah besi penjual di Dartmouth Karena berdiri kelas bawah nya, Newcomen tidak cepat diterima atau diakui atas prestasi atau kontribusi ke mesin uap. Hal ini diyakini bahwa Newcomen tidak memiliki pengetahuan sebelumnya karya pendahulunya di daerah mesin uap dan Nya. mesin yang diperkenalkan pada 1712 ini pada dasarnya merupakan kombinasi dari boiler yang digunakan dalam’s mesin Savery dengan silinder dan pompa. Model Newcomen tidak seperti mesin lainnya hingga saat ini. Itu adalah mesin pertama yang benar-benar bertindak diri.. yang membentuk mesin kecil pergi sesuatu seperti ini Silinder ditempati piston yang dipaksa untuk bergerak ke atas dan ke bawah karena tekanan atmosfer dan tekanan uap. Ada boiler yang menghasilkan uap dan seekor ayam jantan yang memungkinkan sebuah jet air dingin untuk menyingkat uap dan bervariasi tekanan di dalam mesin.. yang Seperti piston dipaksa atas dan ke bawah pegangan terpasang sebuah tuas dipaksa untuk pindah serta aparatur ini digunakan berhasil menaikkan air dari tambang adalah Newcomen’s. mesin digambarkan di bawah.

Para tenaga pendorong di belakang itu mesin Newcomen adalah kekosongan yang diciptakan oleh kondensasi uap kembali ke air. Dia pasti orang pertama yang membuat kemajuan besar dalam pengembangan mesin uap.. Ada Newcomen Engine sebenarnya masih ada hari ini berada di Museum Henry Ford di Dearborn, Michigan. Mesin, gambar di bawah ini, pada awalnya digunakan untuk pompa air dari tambang dengan seluruh daya sekitar lima belas tenaga kuda pada 1760.

Namun, sayangnya Newcomen dibayangi oleh James Watt dikenal dengan baik 1765. Mulai tahun, salah berlabel Watt penemu “” mesin uap Watt. James lahir di Greenock, Skotlandia. Sekitar 1769, dia ditugaskan untuk memperbaiki mesin Newcomen itu dianggap tidak efisien. Mesin Newcomen Namun adalah mesin terbaik tersedia waktu akhirnya. Watt menambahkan kondensor terpisah untuk itu mesin Newcomen. Ini menyebabkan uap mengembun dalam wadah yang terpisah, bukan dalam silinder itu sendiri. ini panas kekal energi yang telah hilang karena bergantian pemanasan dan pendinginan silinder disimpan Watt. Selain itu hampir 75% dari bahan bakar yang sebelumnya telah digunakan oleh mesin. Karena itu perbaikan, sebuah era baru mesin uap muncul. Saat itu hampir kelahiran kembali suatu untuk seluruh industri. Meskipun Watt tidak awalnya menciptakan mesin uap, ia diberi banyak kredit untuk itu pada saat ini berakhir Watt. Selain itu sampai menjadi peningkatan terbesar tunggal pernah dibuat untuk mesin. A New England penulis dikutip di sebagai sebuah artikel menyatakan, “… sebagai Minerva melompat, jatuh tempo dalam pikiran, berbadan penuh badan dan benar-benar bersenjata, dari kepala Yupiter, sehingga uap mesin keluar, sempurna pada kelahirannya, dari otak James Watt “(Thurston, 3). Ini adalah pernyataan seperti ini yang mengambil kredit dari orang-orang yang layak dan memberikannya kepada orang yang kebetulan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat James Watt tambahan. untuk uap mesin kemungkinan besar akan diabaikan itu itu telah ditambahkan tahun sebelumnya.. Dia hanya beruntung dan terjadi untuk membuat penambahan ketika orang-orang siap menerima hal itu Sebagai Thurston mengatakan, “Penemuan hanya menjadi berhasil ketika mereka tidak hanya diperlukan, tetapi ketika manusia begitu jauh maju dalam intelijen untuk menghargai dan untuk mengungkapkan kebutuhan bagi mereka, dan sekaligus memanfaatkan mereka “(Thurston, 3) mesin. Watt berakhir dengan mayoritas kredit untuk uap karena semua orang-orang yang sebelum mereka telah dasarnya menjelang waktu mereka. Orang-orang berteknologi maju tidak cukup atau mental siap menerima dan menghargai pekerjaan mereka.
Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah kondensor aktual yang ditambahkan untuk mesin Newcomen.

Selain Watt pada mesin uap menyebabkan produksi dan kegunaan secara keseluruhan untuk meroket di tahun 1800an. Mesin uap menjadi yang penting aspek sebagian besar revolusi industri.. Ianya digunakan pada kereta api, dayung kapal uap dan steamboats Bukan hanya digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat tetapi juga untuk memindahkan orang. Rapid Growth of Steam Engine Use Pertumbuhan cepat Engine Gunakan Uap.
Fajar abad kesembilan belas membawa tentang Revolusi Industri.. Mesin uap adalah faktor utama dalam Uap Revolusi Industri. Lokomotif uap dayung dan perahu mulai pop di mana-mana Pada tahun 1807, Robert Fulton memperkenalkan kapal uap pertama yang menyediakan layanan penumpang reguler kepada rakyat Amerika. Dia menamainya “” Clermont jam. “The” Clermont “yang dibuat 150 mil perjalanan dari New York City ke Albany dalam 32 jam pada kecepatan rata-rata 5 mil per. Pada 1825, lokomotif uap tidak lagi digunakan hanya untuk memindahkan barang. Penumpang. lokomotif yang cepat tumbuh karena peningkatan komuter lalu lintas besar di kota-kota Pada awal 1900-an, mengungkapkan lokomotif mulai muncul. lokomotif mulai semakin besar dan cepat. 1960 membawa akhir era lokomotif Namun. The “Evening Star” adalah lokomotif ekspres terakhir yang dibangun di Britania.
More Modern Pictures of the Use of Steam Engines Foto-foto lebih modern Penggunaan Mesin

D. CARA KERJA MESIN UAP
Sebuah mesin uap adalah alat yang mengubah energi potensi yang ada sebagai tekanan pada uap, dan mengkonversi yang memaksa mekanik. contoh awal adalah lokomotif kereta uap, dan kapal uap yang bergantung pada mesin-mesin uap untuk gerakan. Revolusi Industri muncul terutama karena mesin uap. Tiga puluh detik atau lebih yang dibutuhkan untuk mengembangkan tekanan membuat uap kurang disukai untuk mobil, yang biasanya didukung oleh mesin pembakaran internal.
Perangkat uap pertama diciptakan oleh Hero dari Alexandria, seorang Yunani, sebelum 300BC, tapi tidak pernah digunakan selain sebagai mainan. Sementara desain telah dibuat oleh berbagai orang dalam Sementara itu, yang pertama praktis mesin uap yang dipatenkan oleh James Watt , penemu Skotlandia, pada 1769. Mesin uap adalah berbagai jenis, tetapi sebagian besar piston timbal balik atau perangkat turbin.
Kekuatan mesin uap untuk tujuan modern adalah pada kemampuannya untuk mengubah panas mentah menjadi kerja mekanik. Tidak seperti mesin pembakaran internal, mesin uap tidak khusus tentang sumber panas. Karena oksigen untuk pembakaran adalah unmetered, mesin uap membakar bahan bakar bersih dan efisien, dengan sedikit polusi yang relatif.

Salah satu sumber inefisiensi adalah bahwa kondensor menyebabkan kerugian yang agak lebih panas dari dunia luar. Jadi apapun-siklus mesin tertutup akan selalu agak kurang efisien dibanding mesin siklus terbuka, karena kerugian kondensor.
Yang paling menonjol, tanpa penggunaan energi nuklir mesin uap tidak bisa dimanfaatkan untuk pekerjaan yang bermanfaat, sebagai reaktor nuklir tidak secara langsung menghasilkan baik kerja mekanik atau energi listrik – reaktor itu sendiri tidak apa-apa selain duduk di sana dan mendapatkan panas. Ini merupakan mesin uap yang mengubah panas yang menjadi kerja berguna .

E.CONTOH—CONTOH MESIN UAP

UK A 1817 Watt Boulton & balok meniup mesin , digunakan dalam Netherton pada barang besi dari MW Grazebrook, kembali didirikan di A38 (M) di Birmingham, Inggris

Diawetkan Inggris bertenaga uap api mesin – contoh mesin uap mobile. ni adalah kendaraan yang ditarik kuda: mesin uap drive pompa air

Sebuah mesin pabrik dari Stott Park gelendong Mill , Cumbria, Inggris
Mesin uap adalah mesin panas yang melakukan kerja mekanik menggunakan uap sebagai perusahaan fluida kerja.Ide menggunakan air mendidih untuk menghasilkan gerakan mekanis memiliki sejarah panjang, akan kembali sekitar 2.000 tahun.Awal perangkat tidak produsen listrik praktis, tetapi menghasilkan desain yang lebih maju daya yang dapat digunakan telah menjadi sumber utama kekuatan mekanik selama bertahun-tahun terakhir 300, yang memungkinkan Revolusi Industri , dimulai dengan aplikasi untuk pemindahan air tambang dengan menggunakan mesin vakum.Perkembangan selanjutnya menggunakan uap bertekanan dan konversi untuk memungkinkan gerak rotasi powering dari berbagai industri mesin mana saja air dan batubara atau kayu bakar dapat diperoleh, sebelumnya dibatasi hanya untuk lokasi di mana air roda atau kincir angin dapat digunakan. Secara signifikan, sumber daya nantinya akan diterapkan untuk penggerak utama , perangkat mobile seperti traktor uap dan lokomotif kereta api . Modern turbin uap menghasilkan sekitar 80 persen tenaga listrik di dunia dengan menggunakan berbagai sumber panas.
Mesin uap biasanya mesin pembakaran eksternal , [1] ECE [>] meskipun sumber eksternal lainnya seperti panas tenaga surya , tenaga nuklir atau panas bumi energi dapat digunakan Siklus panas dikenal sebagai siklus Rankine . Dalam penggunaan umum, ‘mesin uap istilah’ dapat merujuk ke tanaman uap terintegrasi seperti kereta api lokomotif uap dan mesin portabel , atau mungkin mengacu pada mesin sendiri, seperti pada mesin sinar dan uap mesin stasioner .. perangkat khusus seperti palu uap dan uap driver tumpukan tergantung pada uap dipasok dari terpisah boiler .
Sejak abad ke-kekuatan uap 18 awal telah diterapkan untuk berbagai penggunaan praktis. Awalnya diterapkan pada reciprocating pompa, tetapi dari pemutaran mesin 1780-an (yaitu orang-orang mengubah reciprocating gerakan ke gerakan berputar) mulai muncul, mengemudi mesin pabrik. Pada pergantian abad ke-19, transportasi bertenaga uap pada jalur laut dan tanah mulai membuat penampilan menjadi semakin dominan sebagai abad berlangsung.
Mesin uap dapat dikatakan telah menjadi kekuatan yang bergerak di belakang Revolusi Industri dan melihat penggunaan komersial luas mengemudi di pabrik-pabrik mesin dan pabrik, powering stasiun pompa dan peralatan transportasi seperti lokomotif kereta api, kapal dan kendaraan bermotor. Penggunaannya dalam pertanian mengakibatkan peningkatan dalam lahan yang tersedia untuk budidaya.
Mesin listrik sangat rendah digunakan untuk model kekuasaan dan aplikasi khusus seperti jam uap .
Adanya beberapa tahap antara sumber panas dan pemberian kekuasaan berarti bahwa selalu sulit untuk mendapatkan-to-weight ratio mendekati kekuatan yang didapat dari mesin pembakaran internal , terutama ini telah membuat pesawat uap sangat langka.. pertimbangan serupa juga berarti bahwa untuk dan menengah uap aplikasi kecil sebagian besar telah digantikan oleh mesin pembakaran internal atau motor listrik , yang telah diberikan sebuah mesin uap-tanggal keluar gambar.. Namun, penting untuk diingat bahwa daya yang disediakan ke grid listrik adalah sebagian besar dihasilkan menggunakan uap turbin tanaman, sehingga secara tidak langsung dunia industri masih bergantung pada listrik tenaga uap. Recent keprihatinan tentang sumber bahan bakar dan polusi telah memicu minat baru dalam uap baik sebagai komponen cogeneration proses dan sebagai penggerak utama . menjadi dikenal sebagai Advanced Uap gerakan. Mesin Uap Tulis dapat diklasifikasikan ke dalam dua tipe utama:
1. Belitan mesin , rolling mill mesin, keledai uap , mesin kelautan, dan aplikasi yang serupa yang perlu sering berhenti dan sebaliknya.
2. . Mesin penyediaan tenaga, yang jarang berhenti dan tidak perlu untuk mundur. . Ini termasuk mesin yang digunakan dalam stasiun tenaga panas dan yang digunakan di stasiun pompa , pabrik , pabrik dan power kabel kereta api dan trem kabel sebelum penggunaan meluas tenaga listrik .
3. keledai uap secara teknis sebuah mesin stasioner tetapi sudah terpasang pada semakin menurun menjadi semi-portabel. Setelah mengamankan kabel winch ke sebuah pohon yang kokoh di tempat tujuan yang diinginkan, mesin akan bergerak menuju titik anchor sebagai kabel winched masuk
Sebuah mesin portabel adalah stasioner mesin yang dipasang di roda sehingga dapat ditarik ke situs-kerja oleh kuda atau mesin traksi , bukannya tetap dalam satu lokasi.

Sebuah lokomotif uap-sebuah GNR N2 Kelas No.1744 di Weybourne nr. Sheringham , Norfolk.
Steam engines have been used to power a wide array of transport appliances: mesin uap telah digunakan untuk daya beragam peralatan transportasi:
• Steamboat , kapal uap , kapal pesiar uap
• lokomotif uap , lokomotif tanpa api
• Uap gerobak , bus uap , roda tiga uap , mobil uap
• Uap roller , sekop uap
• tangki uap (dilacak) , tangki uap (roda) , uap katapel
• Ruang: Steam roket
Dalam aplikasi ini mesin pembakaran internal yang sekarang digunakan karena lebih tinggi mereka -to-weight rasio daya , pemeliharaan yang lebih rendah dan kebutuhan ruang.

PENUTUP
“Kemajuan indah abad saat ini, dalam tingkat yang sangat hebat, karena penemuan dan perbaikan mesin uap, dan aplikasi cerdik kekuasaan untuk jenis pekerjaan yang sebelumnya dikenakan pajak energi fisik umat manusia. “~ Robert H. Thurston Thurston

The # 15 2-8-2 di Tacoma Washington adalah salah satu contoh dari banyak menggunakan mesin uap
Mesin uap dapat dengan mudah dianggap sebagai penemuan paling penting dari revolusi industri secara keseluruhan.. Tidak ada satu bagian industri yang hadir hari ini dalam masyarakat yang dapat diperiksa tanpa datang melintasi beberapa jenis referensi atau ketergantungan pada uap mesin Tapi, yang kredit layak untuk ini penemuan besar.? Beberapa yang memberikan kredit kepada James Watt sementara yang lain mengklaim bahwa Thomas Newcomen adalah asli penemu Namun, ide dengan menggunakan kekuatan uap ke keuntungan dari manusia telah sekitar praktis sejak awal waktu,. Tapi tidak praktis untuk menggunakan uap muncul sampai abad ke-17.
Seperti semua penemuan besar lainnya dan penemuan besar, mesin uap setelah muncul berabad-abad kerja oleh banyak ilmuwan, insinyur dan bahkan penulis.. itu berasal dari kompilasi kerja dan teori-teori yang waktu seabad untuk menyelesaikan Jika James Watt bukanlah orang pertama yang menciptakan mesin uap, yang? Bagaimana James Watt berakhir dengan semua kredit untuk penemuan? Apakah ia hanya salah satu yang ada di sana pada waktu yang tepat dan di tempat yang tepat? Apakah benar bahwa James Watt menemukan mesin uap ketika ia mengamati tutup mengangkat ketel sebagai direbus dalam air? Mereka adalah pertanyaan-pertanyaan yang kita ke jawaban,. Tetapi perlu diingat bahwa.Penemuan hanya menjadi berhasil ketika mereka tidak hanya diperlukan, tetapi ketika manusia begitu jauh maju dalam intelijen sebagai untuk menghargai dan untuk mengungkapkan kebutuhan bagi mereka, dan sekaligus memanfaatkan mereka “~ Robert H. Thurston.

DAFTAR PUSTAKA
1. ^ “Skinner Engines” . ^ “Skinner Mesin” . Carferries.com . http://www.carferries.com/skinner/ . Carferries.com. http://www.carferries.com/skinner/ . Retrieved 2010-02-03 . Diperoleh 2010/02/03.
2. ^ “St. Marys Challenger” . ^ “St Marys Challenger” . Boatnerd.com . http://www.boatnerd.com/pictures/fleet/stmaryschallenger.htm . Boatnerd.com. http://www.boatnerd.com/pictures/fleet/stmaryschallenger.htm . Retrieved 2010-02-03 . Diperoleh 2010/02/03.
3. ^ “SS Badger” . ^ “SS Badger” . Boatnerd.com. Boatnerd.com. 1992-05-15 . http://www.boatnerd.com/pictures/fleet/badger.htm . 1992/05/15. http://www.boatnerd.com/pictures/fleet/badger.htm . Retrieved 2010-02-03 . Diperoleh 2010/02/03.
4. ^ “Paxton Engineering Division Report (2 of 3)” . ^ “Paxton Divisi Rekayasa Laporan (2 dari 3)” . Content.cdlib.org. Content.cdlib.org. 2009-10-20 . http://content.cdlib.org/ark:/13030/kt6r29q3kz/?order=1&brand=oac . 2009/10/20. http://content.cdlib.org/ark:/13030/kt6r29q3kz/?order=1&brand=oac . Retrieved 2010-02-03 . Diperoleh 2010/02/03.
5. ^ “The Steam-Ped Moped with engine converted to uniflow steam operation” . ^ “The-PED Moped Uap dengan mesin dikonversi ke uniflow operasi uap” . Steamcar.net . http://www.steamcar.net/steam-ped.html . Steamcar.net. http://www.steamcar.net/steam-ped.html . Retrieved 2010-02-03 . Diperoleh 2010/02/03.
6. ^ Bell, AM (1950). Locomotives . ^ Bell, AM (1950). lokomotif. London: Virtue and Company. London: Virtue dan Perusahaan. pp. 61–63. hal. 61-63.
Lampiran:
Pertanyaan pada diskusi:
1. Jabarkan bagainama entalpi bisa masuk pada skema mesin uap!
2. Mengapa mesin uap bekerja mekanik
3. Uap itu berasal dari mana, dan kemapa harus uap yang menjadi bahan utama pada mesin uap?
4. Pada zaman sekarang mesin uap jarang di jumpai,konsep yang paling mendasar pada mesin uap adalah?
5. Jelaskan eksperimen apakah yang di lakukan james watt sehingga menemukan mesin uap?
6. Pada cara kerja mesin uap digunakan turbin yang lebih kecil, kenapa tidak menggunakan turbin yang lebih besar, jelaskan!
Jawaban :
1. Karena entalpi itu adalah energi kalor yang memiliki rotasi sehingga ion molekul pada mesin bekerja.
2. Karena energi potensial dan energi kinetik, jadi dspat didevinisikan sendiri mengapa mesin uap bekerja mekanik
3. Uap itu berasal dari air yang mengembun, karena bahan utmanya adalah uap.
4. Konsep menggunakan turbin yang lebih kecil.
5. Secara terpisah dia menemukan pentingnya energi panas yang ditimbulkan dan diserap oleh tiap-tiap obyek untuk mengerti lebih jauh tentang mesin.
6. Karena pada konsep yang disempurnakan james watt ketika kita menggunakan turbin yang lebih besar maka kerja mekanik mesin uap itu sendiri tidak stabil dan mengakibatkan tidak efisiennya kerja mesin uap itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s